Beredar Surat Palsu tentang Pembekalan 2.000 CPNS

Pendaftaran CPNS dari tahun ke tahun makin dibanjiri oleh pendaftar. Masih sangat banyak masyarakat yang mengidam-idamkan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Keinginan yang sangat besar itu kadang membuat masyarakat tidak bisa berfikir rasional. Mereka kadang mudah percaya dengan berita hoak yang sengaja dibuat oleh pihak yang bertanggung jawab yang mengatasnamakan instansi pemerintah untuk memperoleh keuntungan.

Beberapa waktu lalu Kemedagri telah mengumumkan peserta yang lulus seleksi tes umum. Kebahagian peserta yang lulus seleksi ini kadang  membuat mereka lupa dan hal itu dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan pribadi dengan cara menyebarkan surat palsu mengenai pembekalan bagi peserta seleksi yang telah lulus tes umum.

Ada surat yang terbit tanggal 18 Juni 2017 yang mengatas namakan kemendagri. Di dalam surat itu disebutkan bahwa Kemendagri akan mengadakan pembekalan 2.000 CPNS yang telah lulus tes di Hotel Horison Kota Bandung Jawa Barat dan kepada para CPNS diminta menyetorkan sejumlah uang.
Surat Palsu tentang Pembekalan 2.000 CPNS
Menanggapi hal tersebut Kepala Bagian Hubungan Media dan Pengaduan Masyarakat, Yudhantoro Bayu Wiratmoko, mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dengan informasi yang tidak jelas sumbernya dan terus waspada terhadap tindak kejahatan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Informasi yang valid bisa dilihat dari web resmi instansi pemerintah yang bisa diakses oleh siapapun.

Pemerintah sudah berkali-kali menyosialisasikan bahwa mulai proses pendaftaran CPNS tidak dipungut biaya sedikitpun. Tapi pola pikir masyarakat bahwa kalau ingin jadi PNS itu harus berani mengeluarkan biaya itu sudah terlanjur terpatri sehingga mudah dijadikan lahan untuk mencari keuntungan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sumber: bkn.go.id

Previous Post
Next Post

0 komentar: